Selasa, 10 April 2012

Menjelajahi Internet

Selamat datang di dunia internet. Setelah kita berhasil koneksi ke internet, maka tinggal selangkah lagi kita bisa menjelajahinya. Kita butuh membuka program Browser, yaitu program yang dipakai untuk menterjemahkan kode-kode HTML (hyper Text Mark-up Language) menjadi sebuah halaman web. Dalam sistem operasi Windows telah disertakan program browser untuk keperluan menjelajah internet, yakni Internet Explorer. Jadi kita tidak perlu persiapan lagi, karena begitu komputer memakai sistem operasi windows, bisa dipastikan di situ terdapat program Internet Explorer.

1.       Browsing
Browsing adalah kegiatan menjelajahi Internet. Menjelajahi internet mempunyai pengertian mengunjungi website-website yang ada di internet. Karena begitu banyaknya informasi di internet, maka website yang kita kunjungi seharusnya sesuai dengan kebutuhan kita, informasi apa yang kita cari.
Langkah-langkah untuk browsing atau membuka Internet Explorer adalah sebagai berikut.
a)        Klik menu Start Pilih All Program, sehingga semua program di komputer Anda akan ditampilkan






Gambar 01. Tampilkan semua
Program di komputer

a)        Cari Internet Explorer dan Klik, maka jendela Internet Explorer akan ditampilkan (Gambar 02)
 
Gambar 02 Browser Internet Explorer dengan tampilan kosong

2.       Jendela Browser
Sebagaimana tampilan program aplikasi windows lainnya, tampilan Internet Explorer juga mempunyai tampilan yang hampir sama, ada title bar, menu bar, tool bar, status bar dan sebagainya.



Gambar 03. Bagian-bagian jendela Internet Explorer
Title Bar
Title bar terletak pada bagian paling atas jendela Internet Explorer, pada bagian ini terdapat judul halaman Web yang sedang ditampilkan. (Gambar 04)
Gambar 04
Menu Bar
Menu bar, yang biasanya terletak di bawah Title bar, merupakan deretan perintah dan masing-masing perintah mempunyai kelompok tertentu berdasarkan fungsinya

 
Tool Bar
Tool bar merupakan tombol untuk memberikan perintah dengan sekali tekan (shortcut)
 
Address Bar

Address bar adalah tempat untuk memasukkan alamat websita yang akan kita buka.
Gambar 06 Address bar

3.       Mengunjungi Website Tertentu

Jika kita membaca koran atau majalah, seringkali kita menemukan alamat Website dari suatu perusahaan atau koran itu sendiri yang memang ditujukan sebagai salah satu sarana promosi.
Misalnya          :           www.jawapos.com
                                                www.google.com
                                                www.yahoo.com.  dsb.

Nah,…  Misalkan sekarang kita ingin mencoba mencari informasi tentang harga sebuah modem di internet, kebetulan kita punya alamat web yang telah kita dapat dari membaca majalah, yaitu  www.bhinneka.com
Maka cara untuk mengunjungi web tersebut caranya adalah sebagai berikut :

  • Setelah terkoneksi ke internet, bukalah progran Internet Explorer.
  • Pada Address bar ketiklah : bhinneka
  • Tekan tombol Ctrl diikuti Enter
  • Secara otomatis alamat di address bar berubah menjadi http://www.bhinneka.com
  • Tekan saja Enter
  • Tunggu sesaat, sampai halaman web ditampilkan.

Cobalah untuk menggerakkan Mouse Anda, Jika penunjuk Mouse Anda, yang asalnya anak panah, berubah menjadi tangan menunjuk ( J ), maka itu pertanda hyperlink, artinya jika kita klik, maka halaman akan berganti menuju ke halaman lain.


~ Selamat Mencoba ~



 



1 komentar:

  1. afwan ya ahih/uhty,,,,
    demi konsentrasi proses blajar di ponpes ini, saya menawarkan obat pembasmi kutu rambut trutama untuk pihak koperasi ponpes untuk mewadahinya, mengingat kutu rambut sering menular dan sangat mengganggu konsentrasi para santriwati,,,
    info promo TUMBONAN, mengatasi masalah Rambut rontok,ketombe, dan kutu rambut, juga menjaga rambut agar tidak tertular kutu kembali,, cukup semprot, sisir, selesai!, membersihkan kutu dan telornya seketika," semoga info ini bermamfaat...
    info lgkp klik>www.timbonan.co.id
    sukron..!!!

    BalasHapus